Sabtu, Mei 18, 2024
SONJO AngkringanSONJO Husada

Permasalahan APD Tenaga Kesehatan

Masalah kecupukan alat pelindung diri (APD) bagi para tenaga kesehatan (nakes) masih menjadi permasalahan serius pada saat diskusi ini dilaksanakan. SONJO Husada adalah program untuk pemenuhan kebutuhan logistik bagi tenaga medis dan pasien. Program ini diinisiasi di WhatsApp Group (WAG) SONJO Legawa yang merupakan media komunikasi bagi para perwakilan dari rumah sakit atau puskesmas, organisasi kemanusiaan, innovator alat kesehatan (alkes) dan pengusaha APD untuk berkoordinasi dan bersinergi.

Pada SONJO Angkringan #2 yang lalu, SONJO telah mengangkat tema mengenai “Kiat-kiat Pengadaan APD di Masa Pandemi“. Pada SONJO Angkringan #6 ini, bertemakan “Menjaga Keberlanjutan APD Bagi Tenaga Medis”. Diskusi ini membuka kedua sisi penawaran dan permintaaan terhadap APD bagi para nakes dan kompleksitas pengadaan di lapangan.

Sonjo Angkringan #6 diisi oleh beberapa praktisi yang terjun langsung di dalam pengadaan APD bagi rumah sakit maupun fasilitas layanan kesehatan. Pembicara tersebut adalah Rennta Chrisdiana (Komisoner Badan Pengawas Rumah Sakit DIY), dr. Sri Aminah, Sp.A., MPH. (RSUD Kota Yogyakarta), dan Handisna Hashfi (CV. Deniem). Diskusi kali ini dimoderatori oleh Bapak Luluk Lusiantoro, Ph.D., Dosen Departemen Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

Materi dan Rekaman Diskusi

Berikut adalah rekaman SONJO Angkringan #6: