Minggu, Juni 16, 2024
SONJO Angkringan

Ketahanan Pangan di Masa Pandemi

Pada SONJO Angkringan #2 yang lalu, SONJO telah meliput diskusi mengenai Kiat-kiat Pengadaan APD di Masa Pandemi. Sebagai bentuk kepedulian Gerakan SONJO Jogja ini maka pada Seri SONJO Angkringan #3 ini dibahas mengenai masalah yang mengemuka di awal pemberlakuan skema WFH adalah sepinya pasar-pasar tradisional. Dimana para pedagang tidak berjualan di pasar-pasar, supermarket dan mall tutup. Pertanyaan yang muncul kemudian adalah bagaimana dengan terputusnya rantai pasukan bahan makanan dari daerah pedesaan ke perkotaan ini? Tema diskusi kali ini membahas berbagai kiat yang perlu dilakukan untuk mengatasi potensi kelangkaan pasokan makanan selama pandemi. Beruntung pada saat itu DIY menjelang masa panen, meski demikian pasokan bahan makanan sempat tersendat. Diskusi ini memunculkan ide ketahanan pangan di kawasan perkotaan dengan anjuran agar tiap rumah tangga mulai memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk bertanam dan budidaya ikan.

Kali ini Sonjo Angkringan #3 menghadirkan pembicara dari kalangan akademisi dan praktisi, diantaranya Dr. Rini Yanti, STP., MP. (Fakultas Teknologi Pertanian UGM), Ibu Diah Widuretno (Sekolah Pagesangan), dan Bapak Chandra Setiawan Kusuma (Gudeg Bu Lies). Sonjo Angkringan kali ini dimoderatori oleh Ibu Dr. Evi Noor Afifah, S.E., M.S.E., dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB UGM.

Ringkasan pembahasan Sonjo Angkringan #3 atau notulensi kegiatan dapat diakses melalui link berikut ini: s.id/MateriSonjo3

Berikut adalah rekaman Sonjo Angkringan #3