Rabu, April 17, 2024
SONJO

Living Document SONJO: Edisi HUT Kemerdekaan RI ke 76

Pada tanggal 17 Agustus 2021, bertepatan dengan peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke 76, SONJO menerbitkan living document edisi keenam. Living document ini merupakan dokumentasi terhadap berbagai WAG yang telah dibentuk dan program-program yang telah dilaksanakan di SONJO. Buku 1 dari living document berisi tentang misi dan nilai-nilai yang diusung di SONJO. Meski sebagai organisasi informal, SONJO tetaplah sebuah organisasi, dan setiap organisasi seyogyanya mengembangkan diri sebagai a mission driven organization. Buku 2 dari living document SONJO berisi strategi yang dikembagkan baik dalam hal membentuk WAG maupun program-program SONJO.

Living Document SONJO edisi Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76:

Latar belakang penyusunan living document ini didasarkan pada kebutuhan terhadap evidence-based policy, terutama di masa pandemic. Tidak dipungkiri bahwa evidence-based policy semakin mendesak untuk diterapkan di masa pandemi ini. Berkaitan dengan pengembangan SONJO sebagai upaya inovatif mengembangkan modal sosial untuk meminimalisasi dampak Covid-19, diperlukan monitoring dan evaluasi terhadap keberadaan SONJO itu sendiri. Bahwa SONJO adalah gerakan kemanusiaan berbasis kontribusi sukarela untuk bergotong royong membantu sesama, namun monitoring dan evaluasi adalah kebutuhan bagi perkembangan SONJO dan bentuk pertanggung jawaban SONJO kepada publik.

SONJO didirikan pada 24 Maret 2020 dan sejak itu SONJO berkembang demikian pesat. Kami sengaja menyusun dokumen untuk keperluan monitoring sebagai living document. Diharapkan dengan pola dokumen untuk monitoring seperti itu, maka akan mudah diketahui perkembangan, kendala, upaya menyelesaikan kendala dan berbagai masalah yang muncul di tiap-tiap periode. Berikut versi living document yang telah disusun sebelumnya adalah sebagai berikut: