Minggu, Juni 16, 2024
SONJO Migunani

SONJO Migunani #8: The Power of Greteh; Peran PKK Menegakkan Prokes (5M)

Pandemi, secara formal, telah menyerang Indonesia 16 bulan meski belum ada tanda-tanda mereda. Meski epi-curve sejak Februari-Mei 2021 menunjukkan penurunan drastis, namun 4 minggu pasca Lebaran, terjadi peningkatan drastis pasien Covid-19. Salah satu faktor kenaikan pasien akhir-akhir ini, selain akibat mutase virus, juga disebabkan kelelahan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Bahwa ada faktor lain yang menyebabkan masyarakat kurang disiplin menerapkan prokes, hal tersebut diakui. Salah satu faktor utama adalah kebijakan pemerintah yang seringkali saling bertolak belakang, hingga pernyataan para pejabat yang bertentangan satu dengan lain.

Terlepas dari berbagai kompleksitas di atas, di lapangan, peran PKK ternyata sangat besar dalam upaya menegakkan prokes (5M). Bahkan saat ini PKK berperan aktif dalam menyukseskan vaksinasi di desa-desa. Bahwa di lapangan terjadi penolakan oleh berbagai elemen masyarakat terkait penerapan prokes dan vaksinasi, itu adalah fakta. Namun di saat yang bersamaan, PKK tanpa lelah, didorong oleh insting keibuan, berusaha mendorong penerapan prokes dan vaksinasi di lingkungannya. Berbagai program, dari mulai preventif, kuratif hingga rehabilitative terkait dengan COVID-19 dilakukan oleh PKK secara sukarela. Gerakan gotong-royong atau sosial capital, merupakan pola program yang dilakukan oleh PKK.   

SONJO menggelar SONJO Migunani #8: The Power of Greteh; Peran PKK Menegakkan Prokes (5M). Webinar ini mengundang narasumber: Niken Arisapto (Ketua PKK Kelurahan Mulyodadi, Bantul) dan Sartini (Aktivis PKK Kelurahan Sumbermulyo). Acara menampilkan moderator: Evi Noor Afifah (Departemen Ilmu Ekonomi, FEB, UGM).

Materi presentasi adalah sebagai berikut:

Rekaman SONJO Migunani #8 dapat diakses di tautan berikut:

Kegiatan SONJO MIgunani #7 dapat diakses melalui tautan berikut: SONJO Migunani #7: Membangun Shelter itu Mudah