Sabtu, Mei 18, 2024
SONJO Migunani

SONJO Migunani #7: Membangun Shelter itu Mudah

Peningkatan pasien COVID-19 pernah terjadi di Yogyakarta antara bulan Desember 2021-Februari 2021. Peningkatan pesat pasien COVID-19 pada saat itu terjadi akibat libur panjang yang terjadi sebelumnya, pemilu kepala daerah, dan juga liburan akhir tahun. Kapasitas rumah sakit pada saat itu kurang memadai menerima lonjakan pasien COVID-19. Beberapa IGD di beberapa rumah sakit terpaksa menutup operasi karena retensi pasien di IGD tinggi saat itu. Peningkatan pasien tentu menciptakan tekanan terhadap tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Kondisi ini memaksa munculnya strategi alternatif penanganan pasien. Pembangunan shelter kabupaten ketiga di Bantul, yaitu shelter eks RS Padmasuri adalah reaksi terhadap situasi tersebut.

Belajar dari pengalaman tersebut, menghadapi gelombang kedua COVID-19, SONJO mempromosikan ekstensifikasi pembangunan shelter untuk mendukung rumah sakit. Terdapat empat jenis shelter: a) shelter kabupaten, b) shelter desa, c) shelter padukuhan, dan d) shelter pesantren. Keberadaan shelter ini mendukung kemampuan rumah sakit. Kami berharap shelter ini berperan menampung pasien OTG dan bergejala ringan, sementara pasien dengan gejala menengah, berat dan kritis akan dirawat di rumah sakit. Pola rujukan yang dikembangkan oleh Dinkes Bantul, yaitu pola rujukan naik turun antara shelter dan rumah sakit bergantung kondisi pasien, terbukti efektif dalam menjaga rumah sakit tetap berfungsi optimal merawat pasien COVID-19. 

Untuk mendukung strategi tersebut, SONJO menggelar SONJO Migunani #7: Membangun Shelter itu Mudah. Narasumber di acara ini adalah dr Tarsisius Glory (Dinkes Bantul) dan dr Sri Aminah (RSUD Yogyakarta), dengan moderator: Sri Awalia Febriana, PhD (FK-KMK, UGM). Materi presentasi adalah sebagai berikut:

Selain materi di atas, dr Sri Aminah juga mengembangkan buku panduan pembuatan shelter desa dan shelter pesantren. Buku panduan shelter desa dan shelter pesantren dapat diunduh gratis di tautan berikut:

Rekaman SONJO Migunani #7 dapat diakses di tautan berikut:

Pasca acara SONJO Migunani #7, rekan-rekan relawan di Kudus sepakat membentuk WAG Sambatan Kudus, yang merupakan sinergi antara rekan-rekan di Kudus dengan MCCC-NU Peduli – SONJO. Pada tanggal 12 Juni 2021 jam 20.00-22.30 WIB dilaksanakan Talk Show (Special Edition): Tanya-Jawab Membangun Shelter COVID-19. Acara ini adalah bimbingan teknis (BimTek) pembangunan shelter mengingat rekan-rekan di Kudus sepakat untuk segera membangun shelter pesantren dan universitas. Rekaman diskusi tersebut dapat diakses di tautan berikut:

WAG Sambatan Kudus ini kemudian berkembang lebih luas mencakup Kudus-Pati-Jepara dan Demak, sehingga namanya diubah menjadi WAG Sambatan Lingkar Muria atau SaLiRa. Berikut link video bimbingan teknis 18 Juni 2021 yang melibatkan Kudus-Pati-Jepara-Demak-Kabupaten Bandung Barat dan Bangkalan:

Pasca acara ini, disepakati pembentukan WAG Rereongan Bandung Barat. Senyampang dengan bergabungnya rekan-rekan dari Bandung, WAG tersebut berubah menjadi WAG Rereongan Bandung Raya.

Keberhasilan membangun shelter membuat beberapa daerah menginginkan untuk mendapatkan bimbingan teknis serupa. BimTek selanjutkan dilakukan dan diikuti rekan-rekan dari Bangkalan, Sumenep dan Karawang pada tangal 29 Juni 2021:

Permintaan untuk melakukan bimtek membangun shelter kemudian datang dari PT OTO yang merupakan anak perusahaan dari group Sumitomo. PT OTO berlokasi di Bogor dengan karyawan mencapai 5.500 orang lebih. Mereka berencana membangun shelter perusahaan untuk keperluan membantu staf perusahaan melakukan isolasi. Rekaman video BimTek pada  4 Juli 2021 dilaksanakan bersama dengan PT OTO dan PT IFG:

Pasca Bimtek rekan-rekan di PT OTO berkenan membangun WAG gabungan dengan SONJO yang disebut dengan WAG Sambatan OTO. Sejak inilah upaya untuk mengembangkan shelter perusahaan mulai bergulir. Pada 11 Juli 2021 kami selenggarakan BimTek pembangunan shelter perusahaan dengan PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, dan beberapa perusahaan di Jakarta. Tautan video bimtek dapat dilihat ditautan berikut:

Pasca BimTek disepakati rekan-rekan dari PT. Pembangunan Jaya Ancol, Tbk berkenan membuat pilot project untuk membangun shelter perusahaan. Disepakati pula pembentukan WAG RUPIL ANCOL & SONJO.