SONJO Migunani #6 Tata Cara Pemulasaraan Jenazah Covid-19

Fenomena ini belum pernah terjadi akibat lonjakan pasien COVID-19. Ketika rumah sakit kewalahan dengan jumlah pasien, begitu pula kemampuan rumah sakit untuk menangani jenazah yang terinfeksi COVID-19. Selama Desember 2020 – Februari 2021, seluruh rumah sakit di Yogyakarta kewalahan menghadapi lonjakan pasien COVID-19. Ada daftar tunggu panjang pasien COVID-19 di antara rumah sakit rujukan di Yogyakarta. Akibatnya, banyak pasien COVID-19 di rumah, tidak bisa dirawat di rumah sakit dan banyak kasus pasien meninggal di rumah. Dalam keadaan ini, jenazah COVID-19 tidak dapat ditangani di rumah sakit karena pasien meninggal di rumah. Pertanyaannya: siapa yang akan menangani jenazah COVID-19 jika pasien COVID-19 meninggal di rumah? Tentunya hal ini akan dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar.

Webinar ini membahas penanganan jenazah infeksi COVID-19 oleh masyarakat, dan dilaksanakan pada tanggal 9 Mei 2021. Peristiwa ini mungkin tidak pernah terjadi di negara maju, namun sangat kontekstual di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Kami menghadirkan dua pembicara untuk acara ini: Dumono dan Tri Didik Wibowo Edi, keduanya dari RS Dr Sardjito, dan moderatornya adalah Beta Ahlam Gizela, PhD (FK-KMK, UGM). Dumono memaparkan materi penanganan jenazah COVID-19 dari perspektif Islam, dan Tri Didik Wibowo Edi memaparkan materi dari perspektif Kristiani. Materi presentasi webinar dapat diunduh di sini:

Tautan webinar tersebut adalah sebagai berikut:

SONJO Angkringan #48 mengangkat tema serupa: Pemulasaraan Jenazah Covid-19 oleh Masyarakat: Antara Mitos dan Realitas , dan tautan adalah sebagai berikut:

https://youtu.be/M3SVVb_5w1E

Pemulasaraan Jenazah

Belakangan ini, kerap terdengar berita relawan yang tidak hanya mengalami krisis tabung oksigen, tetapi juga kantung jenazah. Kondisi di lapangan cukup memprihatinkan dengan kabar mengenai kematian yang silih berganti. Berbagai upaya mobilisasi sumber daya telah dilakukan, tetapi belum dapat mengatasi permasalahan dengan maksimal. Maka dari itu, perlu adanya upaya inovatif untuk mengatasi kelangkaan kantung jenazah yang ada.

Berangkat dari alasan tersebut, SONJO merilis video tutorial alternatif mengenai cara memulasarakan Jenazah melalui pembuatan kantung jenazah dengan alat dan bahan sederhana, tetapi tetap memenuhi protokol kesehatan yang ada. Video tutorial ini disusun oleh Tim SONJO bersama dengan dr. Beta Ahlam Gizela, DFM, Sp.FM(K) dari FK-KMK UGM.

https://www.youtube.com/watch?v=JhFHBmjwsjE

Semoga dapat bermanfaat bagi para relawan yang ada di lapangan. Ora Ana Sing Keri!