Rabu, April 17, 2024
SONJO Angkringan

Membangun Gerakan Kemanusiaan Melawan Covid-19

Program ini adalah diskusi daring yang dilakukan tiap Minggu malam jam 19.00-21.00 WIB, mengangkat masalah-masalah yang timbul dan menjadi tantangan bersama bagi para anggota SONJO. Selama bulan Ramadan, SONJO Angkringan dilaksanakan pada sore hari dan selesai sebelum Maghrib. Diskusi daring ini mengundang para pihak yang berkompeten di bidangnya untuk mendiskusikan berbagai permasalahan yang berkembang selama pandemi Covid-19. Terinspirasi dari skema WFH yang memaksa system pembelajaran daring, program ini dibangun seperti halnya orang berbincang informal di angkringan yang banyak tersebar di Yogyakarta. Meski SONJO Angkringan menampilkan para pihak yang kompeten di bidangnya (akademisi, pengusaha, birokrat, politisi, praktisi, dll) namun formatnya dibuat sesantai mungkin. Hasil rekaman diskusi daring berikut PPT dari para pembicara diupload di website SONJO untuk bahan pembelajaran.

Pada SONJO Angkringan #1 mengangkat tema “Membangun Gerakan Kemanusiaan Di Daerah Melawan Covid-19” yang disampaikan langsung oleh penggagas SONJO Jogja yaitu Bapak Rimawan Pradiptyo, Ph.D.

Tema ini diangkat untuk menggali lebih lanjut ide pembentukan dan pola kerja yang digunakan di SONJO dalam membangun gerakan kemanusiaan selama masa pandemi di D.I. Yogyakarta. Diharapkan dari diskusi ini diperoleh pola pengembangan gerakan kemanusiaan dengan memanfaatkan WhatsApp Group (WAG) sebagai media koordinasi dan dapat direplikasi di berbagai daerah lain di Indonesia.

Materi presentasi SONJO Angkringan #1 dapat diunduh melalui tautan berikut: Materi SONJO Angkringan #1

Video rekaman diskusi daring dapat Anda tonton ditautan berikut: